Prodi S3 Ilmu Pendidikan Bahasa Terakreditasi B

Setelah beberapa waktu disibukkan dengan visitasi akreditasi beberapa prodi seperti S2 PIPS, S3 IPB, S2 dan S3 MP, Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta menuai hasil yang membanggakan dari visitasi tersebut.

Prodi S3 Ilmu Pendidikan Bahasa (IPB) yang telah divisitasi oleh Asesor BAN PT akhirnya berhasil mendapatkan akreditasi B dengan nilai 333. Peringkat akreditasi tersebut tertuang dalam Surat Keputusan dari BAN-PT dengan nomor 277/SK/BAN-PT/Akred/D/VIII/2014. Status akreditasi ini berlaku lima tahun sejak 9 Agustus 2014 hingga 8 Agustus 2019.

Kepastian status B berupa SK dari BAN-PT tersebut diterima oleh Kaprodi S3 IPB PPs UNY, Prof. Sugirin, Ph.D. belum lama ini dengan rasa syukur dan gembira. Beliau berharap sebagai prodi yang baru beroperasi tahun 2012 ini mampu meningkatkan kualitas akademiknya.

Prof. Girin (sapaan akrab Prof. Sugirin, Ph.D.) menyampaikan rasa terima kasih kepada pimpinan UNY dan pimpinan PPs UNY atas dukungan selama proses akreditasi prodi. Perolehan peringkat tersebut menurut beliau merupakan hasil kerja bareng dari semua unsur mulaidari  pimpinan, dosen, mahasiswa, dan karyawan PPs UNY.

“Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak, kepada Tim Akreditasi atas kerja kerasnya menyusun setiap standar dalam borang prodi dan evaluasi diri. Juga kepada Tim Penjaminan Mutu yang telah menyempurnakan borang institusi. Ucapan terima kasih secara khusus  kami sampaikan kepada Prof. Dr. Zuhdan K. Prasetyo, M.Ed. dan Dr. Senam sebagai reviewer internal PPs UNY yang telah memberikan penilaian borang sebelum dikirim ke Jakarta. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada segenap karyawan PPs UNY yang telah membantu pelaksanaan visitasi tim BAN-PT beberapa bulan yang lalu”, ungkapnya.

Hasil akreditasi ini semakin membuat percaya diri bahwa peran Prodi S3 IPB PPs UNY dalam menghasilkan Doktor (Dr.) yang berkualitas yang memiliki kompetensi dalam bidang penelitian dan pengembangan pendidikan bahasa/sastra telah mendapatkan legalitas dari BAN PT.

“Bagi para dosen dan peneliti bidang bahasa/sastra yang berkeinginan melanjutkan studi untuk jenjang doktoralnya, prodi S3 IPB PPs UNY dapat menjadi alternatif bagi mereka dengan status akreditasi ini”, tutupnya. (Rb)