You are here

Tim Asesor BAN PT Menilai Prodi S3 IPB PPs UNY

Di tengah hiruk pikuknya kesibukan PBM (Proses Belajar Mengajar), terlebih bertepatan dengan bulan Ramadhan, Prodi S3 Ilmu Pendidikan Bahasa (IPB) PPs UNY mendapat visitasi dari Tim Asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT). Asesmen lapangan ini dilaksanakan pada hari Senin, 30 Juni 2014 oleh Prof. Adnan Latief M., M.A., Ph.D. dari Universitas Negeri Malang (UM), Malang dan Dr. Endry Boeriswati, M.Pd. dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Jakarta.

Pada saat yang sama, Program Pascasarjana UNY juga mengadakan rutinitas bulanan yaitu Yudisium periode Juni 2014. Jadi sudah sepantasnya apabila pengelola harus pintar-pintar me-manage SDM untuk menyukseskan dua kegiatan yang bersamaan tersebut.

Tim Asesor disambut di ruang Direktur oleh Wakil Rektor IV UNY, Prof. Suwarsih Madya, Ph.D., Direktur PPs, Prof. Dr. Zuhdan Kun Prasetyo, M.Ed., Asdir II, Prof. Dr. Muhyadi, dan kaprodi IPB, Prof. Sugirin, Ph.D. Direktur PPs UNY menyampaikan selamat datang kepada Tim Asesor  yang telah berkenan hadir di kampus ini untuk memverifikasi penyelenggaraaan prodi baru yaitu Ilmu Pendidikan Bahasa. Harapan beliau semoga hasil verifikasi nanti dapat meningkatkan kredibilitas prodi IPB di mata masyarakat luas.

Selanjutnya untuk borang institusi PPs UNY (IIIB) yang dinilai oleh Dr. Endry Boeriswati, M.Pd. ditanggapi oleh Asdir I, Prof. Pardjono, Ph.D. dan Asdir II, Prof. Dr. Muhyadi. Dalam penilain borang ini ditanyakan hal-hal yang berkaitan dengan suasana akademik, perkuliahan, kurikulum, mata kuliah. Selain itu, yang menjadi tanggungjawab Asdir II seperti sarana prasarana, dosen pengajar, dan pembiayaan.

Di tempat yang lain, di ruang 315 borang prodi (IIIA) dinilai oleh Prof. Adnan Latief M., M.A., Ph.D. yang ditanggapi langsung oleh kaprodi dan sekprodi IPB, Prof. Sugirin, Ph.D. dan Prof. Dr. Pratomo Widodo. Selain itu, hadir pula para dosen pengajar prodi yang turut serta membantu penyusunan borang dari awal hingga akhir.

Seperti pada saat visitasi dan verifikasi pada umumnya, pengelola diminta menunjukkan bukti fisik berbagai kegiatan seperti SK Mengajar, SK Menguji, SK Pengelola, dokumen PMB, jurnal, karya dosen dan mahasiswa serta bukti fisik yang lainnya.

Dari hasil visitasi tersebut tim asesor menyampaikan 5 hal rekomendasi yaitu 1). Peningkatan sarana prasarana perkuliahan mengingat animo masuk IPB cukup tinggi, 2). Update koleksi buku-buku tentang kebahasaan di perpustakaan, 3). Adanya usaha pengelola untuk peningkatan prestasi mahasiswa dan percepatan studi, 4). Peningkatan kreativitas dosen prodi dalam bidang penelitian, dan 5). Peningkatan efektifitas pelaksanaan penjaminan mutu. (Rb)

Kontak Kami

PROGRAM PASCASARJANA

Kampus Karangmalang, Yogyakarta 55281
Telp. +62274-550836 (front office), Hunting +62274-586168, Psw. 229; 285; & 367
Fax. +62274-520326
Website : 
http://pps.uny.ac.id
Contact Persons :

Sujarwo (081578886039) dan Endah (08156895978)