Dr. Jamilah, M.Pd., Lulusan ke-5 Program studi IPB UNY

Dr. Jamilah, M.Pd., adalah lulusan ke lima Program studi IPB. Dia adalah mahasiswa angkatan pertama prodi ini (2012). Dia memerlukan waktu cukup lama untuk menyelesaikan studinya, yaitu 77 bulan, atau 6,5 tahun. Hal ini dikarenakan oleh risetnya yang dilakukan dengan sangat serius namun santai, yang menghabiskan waktu sekitar 4,5 tahun. Penelitiannya dimulai pada tahun 2014 berupa studi pendahuluan dalam rangka penyusunan proposal penelitian, dan ujian proposal dilaksanakan pada akhir tahun 2014. Tahun 2015 dilakukan analisis kebutuhan, tahun 2016 dilakukan proses pengembangan produk, dan pada awal pertangahan tahun 2017 dilakukan evaluasi produk. Pertengahan akhir tahun 2017 dan awal 2018 dilakukan uji coba lapangan, yang memerlukan 2 semester dan baru berakhir pada pertengahan tahun 2018. Pertengahan kedua tahun 2018 terjadi proses ujian, yaitu: 1) ujian kelayakan hasil penelitian pada 3 September 2018, 2) ujian tertutup pada 12 November 2018, dan 3) ujian terbuka pada 2 Januari 2019.

Dia telah menulis disertasi dengan judul “Pengembangan Model Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Tema untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca, Belajar, dan Kemandirian Belajar Mahasiswa” dengan promotor Prof. Dra. Suwarsih Madya, M.A., Ph.D. dan kopromotor Joko Priyana, M.A., Ph.D. Penelitian disertasi ini telah menghasilkan 7 artikel ilmiah yang dimuat di prosiding seminar internasional maupun masih dalam proses penerbitan pada jurnal-jurnal terindex, dengan Judul: (1) The Effectiveness of English as a General Course Program in YSU (hasil penelitian pendahuluan); (2) English Learning Needs of Non-English Major Students of Higher Education; (3) Web-based Learning Program to Encourage Students’ English Learning Autonomy; (4) Compromising between the General and Specific Skills in EAP Syllabus Development in Indonesian Context; (5)  The Effectiveness of Direct Study Skills Teaching to Improve students’ Learning at University; (6) Theme-based Teaching as an Alternative Model to Improve English Teaching at University; dan (7) The Effectiveness of Theme-based Teaching Model to Improve English Instruction at Higher Education.

Selain artikel ilmiah, penelitian disertasi ini juga akan menghasilkan 3 HAKI, yang masih dalam proses penerbitan, yaitu: (1) Model Pembelajaran Berbasis Tema untuk Mata Kuliah Bahasa Inggris MKU di Indonesia, (2) Manual: Bagaimana Merancang dan Menerapkan Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Tema di Perguruan Tinggi, (3) Buku teks untuk Mata kuliah Bahasa Inggris MKU dengan judul: English for Study Skills Development.

Dalam penelitiannya, Jamilah menemukan bahwa pengajaran Bahasa Inggris di perguruan tinggi pada hakekatnya dimaksudkan untuk mempersiapkan mahasiswa bukan penutur asli bahasa Inggris dengan kemampuan Bahasa Inggris dan keterampilan belajar agar dapat berhasil dalam belajar di perguruan tinggi (Jarvis, 2001:206). Bahasa Inggris yang diajarkan dan digunakan di perguruan tinggi dikenal dengan istilah EAP (Hyland, 2006). Ada dua pendekatan EAP di PT (Hyland, 2006) yaitu EGAP dan ESAP, dan ditambah satu lagi, yaitu Study Skills approach (Brick, 2012). EAP di PT diajarkan dengan pendekatan CBI (Stoller & Grabe, 1997), dan model CBI yang digunakan di konteks EFL adalah theme-based teaching (Davis, 2003). Selama ini belum ada model pembelajaran Bahasa Inggris di perguruan tinggi yang mengajarkan EAP dengan study skills dan dengan model theme-based teaching sebagaimana yang disarankan oleh para ahli, sehingga arah pengajaran Bahasa Inggris di PT kurang jelas dan mutunya juga kurang bagus.

Penelitian pengembangan untuk memperbaiki kualitas pengajaran Bahasa Inggris MKU di perguruan tinggi ini dilakukan dengan model ADDIE (Dick & Carrie, 1997) sebagai kerangka pengembangan yang dipadukan dengan model pengembangan program pembelajaran Bahasa Inggris yang diusulkan Richards (2001) dan Nation dan Macalister (2010). Pengembangan silabus mengikuti Model 6T yang diusulkan Stoller dan Grabe (1997) yang terdiri dari penentuan: (1) theme , (2) topics, (3) texts, (4) tasks, dan (5) transitions untuk merangkai jalinan antar topik, teks, dan tugas pembelajran, dan (6) thread (benang penghubung) untuk menyatukan berbagai tema yang dipilih. Selain model 6T, silabus juga dikembangkan dengan mengikuti model pengembangan silabus terintegrasi (Nunan, 2001). Sintaks pembelajaran dikembangkan mengikuti prinsip-prinsip model pengajaran membaca akademik (Grabe & Stoller, 2012).

Penelitian ini telah menghasilkan model pembelajaran Bahasa Inggris MKU yang menyeluruh dengan ciri-ciri: berbasis tema, berfokus pada Reading, berfokus pada pengembangan keterampilan belajar di perguruan tinggi, dan dengan blended learning.

Model Pembelajaran yang dikembangkan terdiri dari: (1) tujuan perkuliahan, (2) model silabus perkuliahan, (3) model materi ajar, (4) sintaks proses pembelajaran, dan (5) model assessment pembelajaran.          

Model ini terbukti efekfif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Bahasa Inggris di perguruan tinggi dan mendapat respon positif dari para pengguna, baik dosen maupun mahasiswa.

Dengan penelitian disertasi ini, Jamilah, IPB, dan UNY telah menyumbangkan gagasan yang telah dikembangkan secara ilmiah dan diuji-cobakan secara empirik dalam pemantapan pembelajaran Bahasa Inggris akademik di perguruan tinggi, terutama pada konteks Indonesia. Penelitian ini juga telah ikut mengembangkan profesionalitas Jamilah sebagai dosen tetap di Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, FBS UNY yang selama ini mendapatkan tugas tambahan sebagai coordinator penyelenggaraan Matakuliah Bahasa Inggris MKU di UNY.