Visi Misi

VISI


 

Pada tahun 2025 menjadi Program Studi S-3 Ilmu Pendidikan Bahasa yang kreatif dan inovatif dalam bidang pendidikan bahasa/sastra dan penelitian pendidikan bahasa/sastra yang unggul di Asia Tenggara.


Misi Program Studi S-3 Ilmu Pendidikan Bahasa adalah

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang mengembangkan daya nalar kreatif dalam bidang penelitian dan pengembangan metodologi pendidikan bahasa/sastra, kebijakan pendidikan bahasa/sastra, serta metodologi penelitian pendidikan bahasa/sastra, untuk menghasilkan doktor dalam bidang pendidikan, kebijakan, dan metodologi penelitian bahasa/sastra yang dengan kompetensinya mampu bersaing di tingkat Asia Tenggara, sesuai kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta kebutuhan masyarakat;
  2. Melakukan penelitian dan pengembangan yang inovatif dalam bidang metodologi pendidikan bahasa/sastra, kebijakan pendidikan bahasa/sastra, dan metodologi penelitian pendidikan bahasa/sastra;
  3. Melakukan pengabdian kepada masyarakat melalui penyebarluasan dan penerapan hasil penelitian dan pengembangan dalam bidang metodologi pendidikan bahasa/sastra, kebijakan pendidikan bahasa/sastra, dan metodologi penelitian pendidikan bahasa/sastra;
  4. Melakukan kerja sama saling menguntungkan dengan berbagai lembaga pendidikan, lembaga pemerintah, dan lembaga non-pemerintah, baik di dalam negeri maupun luar negeri; dan
  5. Melakukan pengelolaan manajerial untuk melayani mahasiswa, dosen, dan pengembangan administrasi prodi.

TUJUAN

Tujuan penyelenggaraan program studi ini adalah untuk

  1. Menghasilkan lulusan yang mampu meneliti dan mengembangkan konsep-konsep baru yang kreatif dalam bidang kebijakan dan pengelolaan pendidikan bahasa nasional, bahasa daerah, atau bahasa asing, serta mampu mengimplementasikannya secara profesional dalam berbagai lembaga pendidikan tingkat lokal, nasional, regional, atau internasional;
  2. Melalui kerja sama dengan pakar sejawat, mengembangkan ilmu pendidikan bahasa dengan fokus pada metodologi pendidikan bahasa/sastra, kebijakan pendidikan bahasa/sastra, serta metodologi penelitian pendidikan bahasa/sastra yang inovatif;
  3. Memberikan layanan sesuai kebutuhan mahasiswa, dosen, karyawan, dan para pemangku kepentingan.