The graduate’s profiles (GP) of D-LES Study Programme

Profil Lulusan dan Deskripsi

Profil

Deskripsi Profil

  1. Pendidik Bahasa/ Sastra

Pendidik Bahasa/Sastra yang menguasai teori dan penerapannya di bidang ilmu pendidikan bahasa/sastra dan mampu mengembangkan ilmu pendidikan bahasa/sastra secara kreatif dan inovatif melalui penelitian, memecahkan permasalahan dalam pendidikan bahasa/sastra dengan pendekatan inter-/multi-disiplin, serta memiliki kemampuan memanfaatkan perkembangan ICT untuk mengikuti perkembangan dan meningkatkan pendidikan bahasa/sastra dan jiwa kepemimpinan, dengan terus menggelorakan semangat dan jiwa Pancasila untuk diri dan anak didiknya.

  1. Peneliti Bidang Pendidikan Bahasa/ Sastra

Peneliti Pendidikan Bahasa/Sastra yang menguasai metodologi penelitian pendidikan, memahami karakteristik objek dan persoalan pendidikan bahasa/sastra, menguasai ICT dan bahasa internasional untuk mengikuti kecenderungan dan isu terkini dalam pendidikan bahasa, dan mampu melakukan penelitian pendidikan bahasa/sastra yang kreatif dan inovatif, dan mempublikasikan hasil penelitiannya dalam forum ilmiah dan jurnal bereputasi tingkat nasional dan internasional.

  1. Pengembang Bidang Pendidikan Bahasa/Sastra

Pengembang Pendidikan Bahasa/Sastra yang selalu mengikuti dinamika dan menguasai permasalahan pada bidang kurikulum, pembelajaran, bahan ajar, dan media pembelajaran di tingkat sekolah maupun perguruan tinggi, dan memecahkannya melalui penelitian dan pengembangan untuk merancang dan menghasilkan kurikulum pendidikan bahasa/sastra, model pembelajaran bahasa/sastra, bahan ajar bahasa/sastra, dan media pembelajaran bahasa/sastra, yang memperhatikan potensi lokal, perkembangan ilmu pengetahuan, ICT, dan tuntutan dunia pendidikan dan dunia kerja.

  1. Manajer Bidang Pendidikan Bahasa/Sastra

Manajer Bidang Pendidikan Bahasa/Sastra yang menguasai teori dan praktik Manajemen Pendidikan Bahasa, Kewirausahaan, Kebijakan Pendidikan Bahasa, maupun Learning Management System (LMS) untuk pembelajaran bahasa di sekolah, perguruan tinggi, maupun pada pusat-pusat layanan, pendidikan, dan pelatihan bahasa professional, yang mampu merancang, melaksanakan, memantau dan mengevaluasi program pendidikan dan pelatihan yang kreatif dan inovatif untuk memenuhi tuntutan pengguna baik individu, kelompok, maupun lembaga, baik di tingkat lokal, nasional maupun internasional.

  1. Konsultan Bidang Pendidikan Bahasa/Sastra

Konsultan Bidang Pendidikan Bahasa/Sastra yang menguasai teori dan praktik pendidikan bahasa/sastra, metodologi penelitian pendidikan bahasa/sastra, kebijakan pendidikan bahasa/sastra (umum), kebijakan pendidikan bahasa/sastra (Pemerintah RI), kebijakan ketenagakerjaan, manajemen pendidikan bahasa/sastra, kewirausahaan, serta kemampuan pemecahan masalah (problem-solving) lintas-bidang, sesuai kebutuhan mitra pengguna jasa konsultasi.