Kurikulum

Pengembangan kurikulum di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dilakukan dengan mengacu pada UU No. 12/2012 tentang Pendidikan Tinggi, Peraturan Presiden Nomor 8/2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (INQF atau KKNI), dan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 73/2013 tentang Penerapan KKNI dalam Kurikulum Perguruan Tinggi. KKNI menerapkan pendekatan pendidikan berbasis hasil belajar lulusan yang merupakan pengembangan dari pendekatan berbasis kompetensi dalam Kurikulum 2016 yang diperkuat dengan pengembangan keterampilan berpikir kritis. CPL menentukan isi kurikulum, proses pembelajaran, dan penilaian hasil belajar.

Karena pentingnya CPL, maka kajian/revisi kurikulum Ilmu Pendidikan Bahasa (IPB) melibatkan stakeholder internal yaitu dosen dan mahasiswa aktif, dan stakeholder eksternal yaitu alumni dan pengguna lulusan. Umpan balik pemangku kepentingan dalam forum diskusi kelompok terarah (FGD) (2-11-2018), pertemuan Tim Pengembang (2018-2019), dan polling pendapat aktif mahasiswa selama perkuliahan (2017-2019), digunakan untuk merumuskan Kurikulum IPB yang mempertimbangkan beberapa masalah penting yang berkaitan dengan:

(1) lama studi, dengan rata-rata lebih dari sepuluh semester;

(2) ketidakjelasan perbedaan isi dan kompetensi sasaran antara beberapa program doktor dan magister;

(3) kelemahan Kurikulum 2016 dalam hal relevansi dan kesesuaian struktur dan isi kurikulum dibandingkan dengan kurikulum sejenis di lembaga lain (dalam dan luar negeri) untuk mendukung pelaksanaan kerjasama antar lembaga melalui transfer kredit dan pertukaran dosen;

(4) perlunya penyetaraan tingkat kompetensi dengan tuntutan KKNI yaitu level 9 (sembilan);

(5) perlunya penyesuaian kurikulum dengan tuntutan Peraturan Menteri Riset dan Pendidikan Tinggi (Permenristekdikti) Nomor 44/2015 tentang Standar Nasional Perguruan Tinggi  dan pembaharuannya dalam Permenristekdikti Nomor 50/2018;

(6) perlunya penyesuaian kurikulum dengan Permenristekdikti No. 35/2017 tentang Statuta Universitas Negeri Yogyakarta yang baru.

(7) perlunya penyesuaian kurikulum IPB dengan tuntutan pendidikan dan pengembangan keterampilan abad 21.

 

Full curriculum of D-LES is here