Program Learning Outcomes

.Capaian Pembelajaran

Domain

Capaian

Deskripsi

Sikap

Capaian 1

Memiliki sikap religius, humanis, dan nasionalis.

Capaian 2

Memiliki sikap ilmiah, kritis, kreatif, inovatif, mandiri, dan bertanggung jawab dalam profesi dan bidang keahliannya.

Pengetahuan

Capaian 3

Memiliki keahlian dalam mendemonstrasikan filosofi keilmuan yang berkaitan dengan bahasa / sastra, kurikulum, pendekatan pembelajaran, TIK, evaluasi, dan teori pedagogis untuk pengembangan pembelajaran bahasa;

Capaian 4

Memiliki keahlian dalam menganalisis dan mensintesis prinsip-prinsip penelitian dengan berbagai teknik analisis data dengan pendekatan multi / inter / transdisipliner di bidang pendidikan bahasa yang memiliki nilai kebaruan dan berdampak nasional dan internasional;

Capaian 5

Memiliki keahlian dalam menganalisis dan mensintesis prinsip-prinsip manajerial yang efektif dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi berbagai program kelembagaan pendidikan formal dan nonformal di bidang pendidikan bahasa / sastra sesuai dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dan tuntutan global;

Capaian 6

Memiliki keahlian dalam menganalisis dan mensintesis prinsip-prinsip layanan dan konsultasi di bidang pendidikan bahasa lintas ilmiah, profesional, dan organisasi / kelembagaan.

Keterampilan Umum

Capaian 7

Menerapkan teori / sastra bahasa, teori pedagogis, dan TIK dalam menyelesaikan masalah pendidikan bahasa;

Capaian 8

Menyelenggarakan berbagai jenis penelitian dengan pendekatan multi / inter / transdisipliner di bidang pendidikan bahasa yang memiliki nilai kebaruan dan berdampak nasional dan internasional;

Capaian 9

Mengevaluasi berbagai program kelembagaan pendidikan formal dan nonformal serta pelayanan publik di bidang pendidikan bahasa / sastra lintas disiplin ilmu, profesi, dan organisasi / lembaga sesuai dengan perkembangan TIK dan tuntutan global;

Keterampilan Khusus

Capaian 10

Mengevaluasi teori pedagogis, kebijakan, kurikulum, pendekatan pembelajaran, efektivitas TIK, dan model evaluasi dalam pendidikan dan pembelajaran bahasa;

Capaian 11

Mengembangkan model/kerangka pembelajaran bahasa dengan pendekatan multi/antar/transdisipliner;

Capaian 12

Menghasilkan dan menerbitkan karya penelitian dengan pendekatan multi / antar / trans-disiplin yang memiliki nilai kebaruan dan memiliki dampak nasional dan internasional;

Capaian 13

Mengevaluasi prinsip-prinsip manajerial yang efektif dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi berbagai program kelembagaan pendidikan formal dan nonformal di bidang pendidikan bahasa sesuai dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi serta tuntutan global;

Capaian 14

Menghasilkan berbagai alternatif pemecahan masalah di bidang pendidikan bahasa lintas keilmuan, profesi, dan organisasi / lembaga.